Beauty Lifestyle Makeup & Skincare

Memalukan, Jangan Pernah Lakukan Kesalahan Merias Wajah Seperti Ini!

goodlooking
Irina Jusuf
Written by Irina Jusuf

Bila diumpamakan, kosmetik itu bagaikan dua sisi mata pisau. Di satu sisi, bila Anda bisa mengaplikasikan kosmetik dengan cara yang benar maka Anda akan terlihat lebih cantik, segar, muda, anggun, dan mempesona. Tapi sebaliknya, bila Anda salah menggunakannya, kosmetik justru akan ‘mencelakakan’ wajah dan penampilan.

Oleh sebab itu, kami akan memberi arahan dan petunjuk mengenai tata cara pemakaian kosmetik yang baik dan benar.  Karena, bisa jadi selama ini Anda banyak melakukan kesalahan saat berdandan hingga membuat riasan wajah jadi tidak maksimal. Apa sajakah itu?

1. Pemakaian foundation dan matte lipstick tidak sesuai dengan jenis kulit

Memakai foundation yang tidak sesuai jenis kulit merupakan kesalahan mendasar dalam ber-make up. Apalagi jika Anda mengaplikasikan foundation pada kulit kering. Kenapa? Karena sel-sel kulit yang kering dan terkelupas akan semakin tampak jelas sehingga riasan akan terlihat fatal.

Begitu juga untuk bibir kering. Meskipun sekarang sedang tren matte lipstick, tapi jika bibir Anda sedang kering lebih baik hindari memakai matte lipstick jika tidak ingin melihat kondisi bibir semakin buruk.

Sebaiknya rawat dulu kulit Anda yang kering hingga kelembabannya kembali normal. Saat kulit wajah dan bibir sudah normal kembali, maka Anda bisa bebas memakai kosmetik favorit.

2. Jangan lupakan leher saat merias wajah

Ingat, satu hal yang perlu Anda lakukan dalam merias wajah adalah meratakan warna kulit leher dengan wajah. Jangan sampai terjadi perbedaan warna yang mencolok antara wajah dan leher, sehingga terlihat belang dan tidak natural. Gunakan foundation dan bedak secara merata dari wajah hingga leher, agar riasan tidak terlihat mencolok pada bagian wajah saja. Meskipun kesalahan tersebut terlihat sepele, namun jika dibiarkan terus menerus akan berefek buruk pada penampilan Anda.

3.Penggunaan waterproof mascara setiap hari

Maskara anti air atau waterproof memang praktis dan nyaman untuk digunakan. Terlebih jika Anda memakainya pada acara-acara tertentu, jadi Anda tak perlu lagi takut mascara akan meleleh atau luntur. Namun maskara anti air ini ternyata tidak direkomendasikan untuk digunakan setiap hari. Formula anti airnya memiliki efek yang dapat membuat bulu mata kering dan rontok. Untuk membersihkannya, Anda membutuhkan make up remover.

4. Menggunakan lip liner hanya di luar bibir

Fungsi utama penggunaan lip liner adalah agar warna lipstik bertahan lama sehingga tidak mudah pudar. Namun, tidak sedikit orang yang memakai lip liner hanya pada bagian luar bibir. Pemakaian yang benar adalah dengan menggambar bagian terluar bibir terlebih dahulu, kemudian mengisi warna lip liner pada bagian dalam bibir.

Perhatikan juga bentuk bibir Anda, apakah bagian atas dan bawah bibir seimbang ketebalannya. Kesalahan yang sering dilakukan adalah bukannya menipiskan bagian yang tebal, tetapi malah membuat bibir yang tipis lebih tebal.

5. Melewatkan krim pelembab wajah sebelum merias

Jangan pernah remehkan fungsi dari krim pelembab wajah. Jika wajah Anda kurang lembab, hasil riasan pun akan jadi kurang bagus. Moisturizer atau pelembab wajah berguna untuk melindungi kulit dari berbagai macam bahan kimia yang terkandung di dalam kosmetik. Setelah mandi, jangan terburu-buru dan terlalu lama tanpa menggunakan moisturizer. Bila terlalu lama, kulit akan menjadi kering. Sedangkan bila terlalu cepat, moisturizer dapat menipiskan warna kosmetikmu. Waktu yang tepat untuk memakai moisturizer adalah sekitar 1 – 10 menit setelah mandi.

6. Mengikuti tren alis tebal

Sekarang memang sedang tren membuat alis agar terlihat lebih tebal dan tegas a la Cara Delevingne. Ikutilah tren tersebut selama itu cocok dan sesuai dengan bentuk wajah. Jika Anda tak cocok dengan alis tebal, Anda tak perlu memaksakannya. Tak semua bentuk wajah cocok dengan model alis tebal. Karena model alis yang terlalu tebal justru menimbulkan kesan wajah nampak berat dan terlihat tidak natural. Cobalah model alis yang tipis natural, sesuai dengan kontur wajah dan warna rambut.

7. Penggunaan concealer yang berlebihan

Apa sebenarnya fungsi concealer? Yaitu untuk menutupi lingkaran hitam di sekitar mata dan bekas jerawat. Namun, concealer yang terlalu gelap atau terang bisa memberikan kesan wajah terlihat lelah, dan kusam. Pemakaian concealer yang berlebihan di bawah mata juga akan membuat wajah terlihat lebih tua. Sebaiknya, campur dulu concealer dengan pelembab, kemudian aplikasikan pada wajah agar hasilnya lebih natural. Jika Anda sedang mencari concealer, usahakan untuk mencoba concealer dan melihat hasilnya di beberapa pencahayaan yang berbeda.

8. Memakai maskara dan eyeliner yang terlalu tebal

Kesalahan make up berikutnya adalah penggunaan maskara dan eyeliner yang terlalu tebal. Mungkin maksud Anda ingin membuat bulu mata terlihat lebih lentik dan tebal, namun memakai maskara justru akan membuat bayangan di bawah mata terlihat semakin jelas dan tidak menonjolkan kecantikan wajah. Jadi, alangkah baiknya jika Anda menggunakan maskara tipis-tipis untuk menonjolkan warna putih dari bola mata sehingga mata pun akan terlihat lebih jernih dan bersinar. Penggunaan eyeliner juga tidak boleh terlalu tebal karena eyeliner yang tebal hanya akan membuat riasan wajah terlihat tua. Pulaslah eyeliner secara tipis, untuk memberikan kesan natural.

9. Kesalahan saat mengaplikasikan warna lipstik atau lipgloss

Tanpa sadar, terkadang saat merias wajah kita sering memoles lipstik setelah memakai foundation dan bedak karena takut jadi kelihatan menor. Padahal, ketika bagian wajah lain sudah dirias dan bagian bibir dilupakan, ini bisa membuat wajah terlihat tidak segar.

Hindari memakai warna lipstick yang terlalu gelap, karena tidak semua warna lipstik cocok digunakan semua wanita. Meskipun lipstick warna tua seperti merah dan ungu sedang menjadi tren saat ini, namun untuk warna kulit tertentu justru bisa membuat wajah lebih gelap dan tua. Bila ingin tampil lebih muda dan natural pilih warna muda atau sheer colour dengan aksen glossy.

10. Menggunakan shimmer yang terlalu mencolok

Penggunaan shimmer memang bisa membuat wajah terlihat lebih berkilau dan sehat. Tapi Anda juga harus perhatikan cara penggunaannya. Hindari memakai shimmer pada seluruh bagian wajah karena hal tersebut hanya akan menonjolkan garis-garis halus pada wajahmu. Ada baiknya Anda gunakan pada salah satu bagian wajah yang ingin ditonjolkan saja, seperti pada tulang pipi atau tulang hidung. Bagi yang memiliki jenis kulit wajah berminyak, penggunaan shimmer sangat tidak disarankan, karena akan membuat wajah semakin terlihat mengilap.(By: Irina)

About the author

Irina Jusuf

Irina Jusuf