Cover Story Lifestyle World

Putri Tanah Air Menang di Ajang Miss Grand International 2016

ariska-putri-pratiwi2
Irina Jusuf
Written by Irina Jusuf

Satu lagi prestasi yang ditorehkan oleh seorang putri Tanah Air yang patut dibanggakan. Nama Ariska Putri Pratiwi asal Indonesia berhasil keluar sebagai juara pertama dalam ajang Miss Grand International 2016 yang digelar di Las Vegas, baru-baru ini.

Wanita 21 tahun ini berhasil mengalahkan kontestan tiga besar lainnya, yang berasal dari Filipina, Thailand, dan Puerto Rico. Dengan kata lain, Puteri Indonesia Sumatera Utara 2015 itu mengambil alih tahta Claire Parker, sebagai pemegang mahkota sebelumnya. Saat berada di babak 10 besar, wanita kelahiran Lhokseumawe, Aceh, 13 Januari 1995 ini bersaing ketat dengan sembilan perempuan lainnya dari Korea, Filipina, Peru, Ukraina, Amerika Serikat, Hongkong, Bahama, Puerto Rico dan Thailand.

Dalam sebuah tayangan ulang yang diunggah dalam video Youtube, terlihat jika Ariska Putri tampak terkejut dan tak percaya saat dirinya disebut sebagai pemenang dan diberi mahkota kontes kecantikan bergengsi tersebut. “Aku hanya ingin mengatakan terima kasih, terima kasih sekali kepada teman, untuk pendukung, keluargaku, untuk semua dukungan kalian. Kalian adalah yang terbaik,” ucap Ariska dalam video itu.

Sebelumnya, perempuan kelahiran Lhokseumawe ini menyebarkan kampanye untuk menghentikan perang. Sepanjang sejarah, Ariska Putri Pertiwi merupakan perempuan Asia pertama yang memenangkan gelar Miss Grand International. Sebelumnya,  Ariska juga telah menyabet predikat Best National Costume dalam ajang tersebut.

Beberapa prestasi dan penghargaan pun pernah diraih Ariska sebelumnya, seperti Puteri Indonesia Sumatera Utara 2015, Putri Pariwisata Kota Siantar, dan menjadi juara termuda dalam ajang Indonesia Creative Icon saat berumur 14 tahun. Miss Grand International adalah kontes kecantikan yang bertujuan untuk ikut serta menciptakan perdamaian dan menghentikan peperangan.

About the author

Irina Jusuf

Irina Jusuf