Business Misc

Memahami Konsep “Open Enrollment” Dalam Asuransi Kesehatan

open-enrollment
Jane Wibowo
Written by Jane Wibowo

Sejak diperkenalkannya Obama Care atau yang dikenal juga dengan nama Affordable Care Act kepada publik di akhir tahun 2013, lebih dari 15 milyar penduduk Amerika mengunakan kesempatan ini untuk mendapatkan asuransi kesehatan dengan harga yang terjangkau.

Para peserta dapat memperoleh bantuan yang cukup signifikan melalui Covered California. Jumlah bantuan tersebut akan ditentukan berdasarkan besar kecilnya pendapatan keluarga dan di kode pos mana mereka tinggal.  Selama mereka memenuhi syarat-syarat lain yang diminta, seperti memiliki status imigrasi yang jelas dan bukti di negara bagian mana mereka tinggal, maka tersedia berbagai pilihan paket asuransi kesehatan dari berbagai perusahaan asuransi yang berlomba-lomba menarik calon nasabah dengan harga yang bervariasi.  Selain berdasarkan usia dan kota dimana mereka tinggal, faktor lain yang menentukan besar kecilnya premi adalah tipe asuransi yang mereka pilih seperti besarnya deductible yang harus dicapai setiap tahunnya, co-pay, share cost dan maksimum biaya yang harus dikeluarkan sebelum asuransi dapat menanggung seluruh biaya pengobatan, rumah sakit, tenaga medis, laboratorium, obat, dan biaya- biaya lainnya.

Berbeda dengan tahun- tahun sebelumnya, tingkat kesehatan calon nasabah bukan lagi menjadi patokan besar kecilnya biaya premi. Hal ini berlaku baik untuk Covered California maupun asuransi pribadi yang tanpa subsidi.  Setelah tahun 2014, calon nasabah dapat membeli asuransi kesehatan meskipun sedang dalam masa pengobatan maupun kehamilan.  Yang terpenting saat ini adalah apakah kita membelinya pada “waktu yang tepat”.

Kapankah “waktu yang tepat” itu?

Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, setiap tahun selalu tersedia masa ‘open enrollment’, yaitu masa dimana para pemilik asuransi kesehatan dapat melakukan perubahan tipe bahkan perusahaan asuransi kesehatan yang mereka miliki.   Karena terbatasnya waktu open enrollment tersebut, yaitu mulai 1 Nopember 2016 sampai dengan 31 Januari 2017, maka banyak nasabah yang memakai waktu tersebut untuk membanding-bandingkan dan mencari asuransi yang tepat dan yang sesuai dengan kebutuhan mereka.  Setelah pendaftaran ditutup pada 31 Januari 2017, asuransi tipe apapun yang dimiliki saat itu sudah tidak dapat dirubah lagi sampai dengan akhir tahun 2017, kecuali jika ada kondisi tertentu yang terjadi dalam hidup si nasabah tersebut ( Bisa ditanyakan ke agen asuransi anda untuk lebih jelas mengenai detailnya – kondisi apa yang memungkinkan untuk diterapkannya special enrollment ini).

Maka  apabila Anda belum memiliki asuransi kesehatan saat ini dan Anda “ketinggalan” untuk mendaftarkan diri Anda pada masa open enrollment tahun ini, kemungkinan besar Anda terpaksa harus menunggu sampai terbukanya masa open enrollment tahun berikutnya.

Banyak yang mengira open enrollment ini hanya berlaku untuk mereka yang mendapatkan subsidi/bantuan kredit melalui Covered California saja, padahal kenyataannya peraturan ini juga berlaku untuk mereka yang membeli asuransi pribadi tanpa subsidi.

Hal lain yang sering menjadi pertanyaan adalah, Apakah mereka yang sudah memiliki asuransi kesehatan perlu mendaftarkan ulang dan perlukah merubah tipe asuransi kesehatan yang sudah dimiliki?   

Kebanyakan orang yang sudah memiliki asuransi kesehatan saat ini memilih untuk memperbaharui asuransi mereka dengan tipe dan perusahaan yang sama.  Bila itu yang menjadi pilihan Anda, maka Anda tidak perlu berbuat apa- apa.  Asuransi yang Anda pilih akan terus berlanjut tanpa gangguan asalkan Anda tetap membayarkan preminya. Bagi Anda yang memiliki asuransi melalui Covered California, maka Anda hanya perlu memperbaharui data keluarga Anda jika seandainya ada anggota keluarga baru (kelahiran, pernikahan, adopsi, dll) ataupun berkurangnya jumlah keluarga (meninggal, pernikahan, anak yang sudah dewasa sehingga tidak lagi di anggap sebagai ‘dependent’ didalam pelaporan pajak Anda, dll), dan apabila ada perubahan pendapatan dalam keluarga yang jumlahnya lebih dari 10%.

Bagi orang yang merasa kurang puas dengan asuransi yang telah dimiliki, dapat memilih untuk mengganti tipe asuransi mereka dengan yang lebih sesuai dengan kebutuhannya. Beberapa hal yang dapat memicu berpindahnya seseorang ke perusahaan asuransi lain adalah perubahan ‘network provider’, kondisi kesehatan, ataupun tingginya kenaikan premi yang harus dibayarkan setiap bulannya.

Kebanyakan kawula muda yang merasa memiliki kesehatan yang baik dan tidak melihat adanya kebutuhan untuk menggunakan asuransi mereka saat ini, cenderung memilih tipe asuransi yang memiliki deductible yang tinggi sehingga dapat menurunkan biaya premi bulanan mereka.   Ada pula sebagian orang yang melakukan ‘asal pilih’ tipe asuransi kesehatan, hanya berdasarkan minimalnya premi bulanan dengan tujuan menghindari tax penalty di akhir tahun.

Dapat dirangkumkan dari penjelasan diatas, perlu tidaknya seseorang merubah tipe asuransi yang dimiliki tidak selalu memiliki jawaban yang sama, tergantung dari kondisi tiap-tiap individual.  Berkonsultasilah dengan dokter, institusi kesehatan, rumah sakit, ataupun pakar asuransi yang dapat Anda percaya sebelum melakukan perubahan dalam asuransi kesehatan Anda.

Harap diingat pula bahwa masa open enrollment ini hanya berlaku untuk asuransi perorangan dan keluarga saja.  Jika Anda memiliki asuransi melalui perusahaan dimana Anda bekerja, ada baiknya Anda menanyakan ketentuan dan peraturan yang berlaku kepada bagian personalia Anda karena setiap asuransi yang didapatkan melalui tempat bekerja memiliki peraturan yang unik dan berbeda dari perusahaan asuransi umumnya.   Apabila Anda bekerja di perusahaan yang tidak memiliki bagian personalia, agen asuransi Anda dapat juga membantu mencarikan asuransi yang tepat atau membantu proses perubahan tipe asuransi yang Anda miliki.

Happy “Open Enrollment”


Untuk mengetahui apakah anda memenuhi syarat untuk mendapatkan subsidi di tahun 2017 ataupun untuk mendapatkan penawaran asuransi secara gratis, hubungi staff kami yang berpengalaman di (626) 642-0300 & (888) 917-8929 atau email ke: Support@FirstWayInsurance.com.


About the author

Jane Wibowo

Jane Wibowo